10 Blog tentang Krisis Air

16 Oct 2010

bad10

15 Oktober 2010 merupakan momentum Blog Action Day 2010. Tema yang diangkat oleh change.org adalah WATER (AIR). Pada hari itu (kemarin) blogger di seluruh dunia mengupdate blognya dengan satu tulisan bertema “air”. Dari Indonesia, ada 58 blogger partisipan. Mereka mendukung gerakan perubahan sikap change.org ini dengan menulis tentang air.

Tidak semuanya bisa kurangkum di sini. Tetap mencoba konsisten dengan memilih 10 blog saja. Namun jika anda mau melihat lebih lengkap, 58 blog Indonesia yang berpartisipasi, sila menuju TKP!

Berikut 10 blog yang kupilih secara acak saja.

  1. Kapucino adalah blog yang pertama kali mendaftarkan diri di #BAD10 (Blog Action Day 2010). Ia menuliskan kekecewaannya untuk menikmat segarnya air di Bandung. Padahal sejak dari Bandara Soeta menuju Bandung, ia sudah amat mengharapkan kegembiraannya itu. Namun harapannya pupus. Ternyata PDAM di kota Kembang itu sedang mengalami masalah. Bahkan sampai 5 hari tidak ada aliran air.
  2. Asepsaiba melaporkan tentang perubahan yang terjadi di kampungnya. 5 tahun yang lalu ia masih bisa menikmati air bersih sepuasnya. Begitupun dengan masyarakatnya. Namun, kini kampungnya mengalami kesulitan sumber air bersih. Mau mendaftar di PDAM agar mendapatkan aliran air bersih, masih menjadi keraguan bagi masyarakatnya.
  3. Indobrad, menghimbau agar setiap orang menjaga kelestarian sumber air bersih mulai dari diri sendiri. Caranya adalah dengan berhemat. Ada 5 tips yang ia berikan, untuk melakukan penghematan air.
  4. Sang Sahaja menceritakan perasaannya yang berbeda saat musim penghujan dan musim kemarau. Seperti biasa, tanpa menggurui ia mengajak kita semua untuk melestarikan air kehidupan.
  5. Sawali Tuhusetya merupakan blog yang paling menarik perhatianku. Ia bukan sekedar memaparkan ancaman generasi masa depan akibat krisis air bersih. Ilustrasi pada catatannya ini lengkap sekali. kita bisa mendapatkan pemahaman yg lebih detil dengan bantuan ilustrasi yang menawan.
  6. Alamendah tetap konsisten mengisi blognya yang diposisikan dalam kategori green. Ia selalu mengangkat isu lingkungan. Partisipasinya pada BAD10 merupakan wujud dari konsistensinya tersebut. Ia menulis tentang krisis air bersih di Indonesia, sebuah negara yang kaya akan air. Ia menginsyafi kita, cekungan air di Indonesia diperkirakan mempunyai total volume sebesar 308 juta meter kubik. Indonesia tidak terbantahkan sebagai negara yang kaya akan ketersediaan air. Sayangnya potensi ketersediaan air bersih dari tahun ke tahun cenderung berkurang akibat rusaknya daerah tangkapan air dan pencemaran lingkungan yang diperkirakan sebesar 15-35% per kapita per tahun. Padahal di lain pihak kecenderungan konsumsi air bersih justru naik secara eksponensial.
  7. Blog Gigi Sehat Badan Sehat menginformasikan betapa beratnya perjuangan wanita Afrika untuk mendapatkan air bersih. Mereka membutuhkan 40 milyar jam untuk mendapatkan air bersih. Kepedulian kita dirangsang untuk ikut membantu, minimal peduli dengan penghematan air.
  8. Aleetha ikut menulis tentang krisis air di dunia. Krisis sudah terjadi di hampir belahan dunia. Ia menceritakan tentang dampak krisis air di rumahnya sendiri. Ibunya harus membeli air untuk kebutuhan sehari-hari. Iapun menyinggung keadaan sungai di negeri ini. Terutama Ciliwung yang ia soroti telah terpolusi oleh limbah kimia.
  9. Everdays Tidbits menyoal tentang suhu bumi yang makin memanas. Lebih spesifik, ia menyoal penggunaan Air Conditioner. Kenapa? Apa hubungannya dengan krisis dan ancaman bagi bumi kita? AC merupakan salah satu penyumbang makin sesaknya bumi dengan CO2. Lalu bagaimana dengan mereka yang tidak tahan jika tak berada dalam ruangan ber-AC? ada 7 tips yang ia tawarkan.
  10. Muslimah Blog juga ikut memperingatkan kita tentang krisis air. Ia menyadarkan kita dengan keadaan alam yang makin mengancam karena ulah manusia sendiri. Air yang bersih menyelamatkan manusia. Air yang terpolusi mengancam masa depan generasi muda. Krisis air adalah bencana.


TAGS blogwalker blogwalking #BAD10 blogactionday water


-

Author

Follow Me