Blogwalking itu Mencerahkan

21 Jul 2010

Blogwalking adalah tradisi para blogger untuk saling berkunjung antar blogger dalam bentuk berbagi tulisan dan komentar. Kegiatan ini bukan sekedar mengeratkan persahabatan narablog, tetapi juga memberikan nilai positif lainnya. Salah satunya adalah menjadi tahu yang sebelumnya tak diketahui. Boleh dibilang, dengan sering blogwalking, narablog akan semakin tercerahkan oleh beragam tulisan yang ditemuinya.

Akupun mendapatkan pencerahan dari beberapa blog yang secara acak kukunjungi siang ini. Siapa saja mereka? Dari 30 blog yang kukunjungi, tetap 10 saja yang kupilih. Tetapi ini tidak berarti mengurangi rasa terima kasih dan hormatku kepada blogger yang tak tertulis dalam 10 blog berikut :

  • Asep Saiba menginformasikan bahwa blog gratisan di Wordpress sebenarnya tidak mengizinkan usernya melakukan monetize. Kejelasannya bisa dilihat pada EULA Wordpress.
  • Frans Kurniawan yang rajin banget mengulas peri hidup seorang petani, kali ini menuliskan perburuannya di ladang. Apa yang diburu? yang jelas hasil buruannya dapat kita nikmati sebagai penyedap mata dan otak kita.
  • Aulia menginformasikan sesuatu yang baru di facebook. Anda yang gemar berfacebook-ria dapat mengetahui tentang tampilan baru event page di situs jejaring sosial yang makin banyak penggunanya itu.
  • Matanaga yang jago dalam bercerita kali ini menulis tentang Aura dan Batu Cadas. Kisah tentang Johny sang Oemar Bakrie. Seperti biasa, cerita yang mengalir dari Matanaga selalu menyelipkan pesan moral yang bermakna.
  • Ceritayuni menyampaikan kesan yang amat inspiratif atas pengalamannya ngeblog. Ia menguraikan narablog yang menginspirasinya. Ingin tau siapa saja? Silakan temui mereka di blog Yuni.
  • Anda pernah mengalami kehabisan ide untuk meng-update blog? Sukangeblog memberikan tips simpel dan aplikatif. Ada 5 trigger yang pasti mudah untuk anda lakukan. Meluncurlah segera!
  • Onesri menulis tentang peninggalan sejarah Indonesia yang mau dijual. Kegelisahan intelektualnya memicu kepedulian kita tentang betapa pentingnya melestarikan sejarah bangsa.
  • Syaeful Umam dalam blognya bertitel tsefull melontarkan argumen tentang ketidaksetujuannya terhadap lokalisasi perjudian di Indonesia. Terlalu mahal pertaruhannya jika ide lokalisasi tersebut diwujudkan.
  • Apakah anda termasuk dalam ciri-ciri perempuan peselingkuh? Asmarie Dexter, Blogger muda dari Semarang ini menuliskan 8 indikator perempuan peselingkuh. Menarik untuk sekedar dipahami.
  • Bingung mau update blog? Bingung tak tau menulis apa? Justru itulah ide untuk menulis. Tuliskan saja kebingunganmu sebagai postingan blog. Ini yang dilakukan oleh Diyanti.

10 Blog itulah yang mencerahkanku di siang hari yang cerah ini. Terima kasih buat kalian semua.


TAGS blogwalking blogdetik


-

Author

Follow Me