Blogwalking, mengenal Keragaman

29 Mar 2010

Kali ini aku blogwalking secara acak. Namun satu catatan pentingnya adalah : postingan yang ada pada blog yang kukunjungi, mengulas tentang keragaman sikap manusia tentang berbagai hal yang melingkupi kehidupannya.

  1. Matanaga, mengupas sikap manusia yang kadang senewen, jail, panasan, dan ada juga yang mengalah, dan berbaik hati kepada sesama. Ia mengilustrasikan persaingan para bikers (tukang ojeg) dalam mengejar penumpang. Dengan gayanya yang khas, ia menyampaikan misinya sehingga membuatku tersenyum di akhir kata.
  2. Yoszuaccalytt, mengulas program berbagi buat sesama dengan sedekah pohon. Program ini bertujuan untuk mengembangkan kemandirian kaum dhuafa melalui pengelolaan hasil pohon-pohon produktif yang ditanam di wilayah sekitar mereka. Program pemberdayaan ini dimulai dari Pesantren El Tahfidh.
  3. Bukan hanya manusia baik yang ditulis para blogger. Ada juga yang mengulas sisi buruk sikap seseorang, yang merugikan orang banyak. Seperti yang diilustrasikan oleh pakdezaki, yang membahas perihal Gayus Tambunan yang lagi populer itu.
  4. Keberanian seorang perempuan untuk menghentikan karirnya di sebuah Bank Syariah terkemuka untuk fokus jualan kue, diangkat oleh Dewi Padi. Ibu beranak tiga ini menjadi sumber inspirasi bagi banyak perempuan. Melalui sepak terjangnya, bu Fatmah telah mengingatkan kaum perempuan, khususnya wanita karir yang sibuk dengan pekerjaannya di kantor, untuk tetap melongok dapur, untuk tetap mengingat kodratnya sebagai wanita, yang berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan gizi keluarganya melalui masakannya, dengan tujuan untuk membahagiakan suami dan anak-anaknya.
  5. Apakah anda tetap akan bayar pajak? Ya, sejak ramainya kasus GT, banyak manusia Indonesia yang berpikir dua kali untuk membayar pajak. Bagaimanapun kasus GT mesti dipisahkan dari kewajiban sebagai warga negara. Itu yang terselip dalam postingan Yans yang sempat berpikir, haruskah bayar pajak.
  6. Ketika Surabaya akan menyelenggarakan Konfrensi International Lesbi, Biseks, Gay, dan Transgender (LBGT), banyak respon yang menolak kegiatan tersebut. Ya, maklum, kegiatan itu memang cukup kontroversial di Indonesia, yang terkenal dengan negeri berbudi luhur. Ari Bicara, menawarkan dua solusi untuk mereka yang cenderung LBGT.
  7. Seorang guru SD kelas 5 di desa terluar Lombok Timur melaporkan kegiatan anak didiknya dalam menanam. Kegiatan itu bukan hanya untuk melaksanakan kurikulum sekolah saja. Kurikulum yang disepakati oleh kepala sekolah agar keterampilan dasar yang harus dimiliki murid-murid adalah kemampuan bertani. Tapi, itu mereka lakukan setelah mereka tahu mengapa harus menanam, menjaga kelestarian lingkungan, menjaga sekolah tetap hijau, bahkan di belakang sekolah sekalipun. Merekalah sosok manusia yang masih ingin berkarya nyata untuk alam semesta.
  8. Anak Kriminologi, mengingatkan kita tentang kekuatan ilusi internet. Ia mengangkat kasus Ririn Dumin. Tahukah anda siapa Ririn Dumin itu? Baca saja di blog yang themenya mirip blogdetik ini. Satu pesan Reza sang kreator blog ini, bahwa kita harus berhati-hati terhadap semua informasi yang kita terima di internet. Pelajari lebih dalam, resapi dalam pikiran, dan endapkan dihati. Jangan langsung bereaksi dan yakin akan kebenaran suatu hal hanya karena blogger favorit kamu menulisnya atau profile twitter fans kamu men-twittnya atau fans pagenya banyak atau forum besar sudah membahasnya atau portal berita sudah menulis dan atau atau yang lain.
  9. Bagaimana sikap anda ketika naik angkot ataupun busway? Lamunadi sempat-sempatnya mengulas soal ini. Ya, memang kalau kuikuti tulisannya, menarik yang diangkat, soal layanan busway yang tak berbeda dengan angkot. Pemilik blog ini berharap kenyamanan dan privasi yang lebih baik, kiranya posisi duduk penumpang dapat diatur mengarah ke depan.
  10. Yang terakhir ini mungkin dibutuhkan oleh setiap manusia. Teman Curhat. Seberapa penting teman curhat bagi Anda? Bunda dont worry mengabarkannya untuk kita semua.

Semoga perjalananku ke 10 blog itu memberi manfaat buat teman-teman blogger sekalian. ciao!


TAGS blogwalking keragaman blogger manusia


-

Author

Follow Me